"ADELIA DEKORASI" MENERIMA JASA DEKORASI PERNIKAHAN,PELAMINAN, DAN ACARA LAINNYA TEGAL DAN SEKITARNYA HUBUNGI KAMI SEGERA

Pelaminan Internasional dan Minimalis

kombinasi tembok daun dan kotak lilin 

minimalis batu palimanan + daun dgn aksen lingkaran 
kombinasi batu palimanan + bambu 

minimalis kombinasi pigura kain dengan daun 
modern minimalis dengan sentuhan kursi tradisional 




modern minimalis yg elegan 
pelaminan gazebo kain yg dikombinasikan dgn dinding daun 


pelaminan pigura kain + wallpaper 




pelaminan pigura kain minimalis (space terbatas) 




pelaminan model pigura kain 




model pigura kain + daun stock + batu palimanan 




tembok daun kombinasi dgn batu palimanan (space terbatas) 

minimalis dengan banyak detil aksen yg fresh 

Souvenir Pernikahan

Souvenier Pernikahan
Souvenir merupakan cindera mata yang akan diberikan kepada tamu undangan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas kehadiran dan kedatangan mereka. Oleh karenanya, agar souvenir yang kita berikan kan lebih bermakna, hendaknya lakukan pemilihan souvenir dengan baik. Berikut ada beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan masukan seputar memilih souvenir.

1. Sesuaikan dengan konsep / tema pernikahan. Hal ini secara langsung akan menguatkan tema pernikahan yang kita tentukan. Tidaklah mutlak harus sesuai dengan tema pernikahan yang kita pilih. Yang terpenting adalah adanya keseragaman dan keterkaitan antara tema pernikahan yang dipilih dengan souvenir. Semisal, souvenir yang kita pilih kita sesuaikan dengan warna dominan atau warna yang mungkin mewakili dari tema pernikahan yang telah ditentukan. Ataupun bentuk dari souvenir tersebut yang dapat dikitkan dengan tema pernikahan itu sendiri.

2. Letakkan inisial atau nama. Banyak souvenir yang diletakkan nama si pemberi. Hal dikarenakan souvenir merupakan cindera mata atau kenang-kenangang yang apabila terdapat nama pemberinya maka akan memperkuat nilai kenangannya.

3. Pilih souvenir yang memiliki guna. Agar souvenir lebih memiliki manfaat, maka pilihlah souvenir yang dapat digunakan dalam sehari-hari. Gantungn kunci atau kalender yang berbahan kayu merupakan contoh dari souvenir yang memiliki kegunaan.

4. pilih souvenir yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Karena souvenir merupakan cindera mata / kenang-kenangan, ada baiknya souvenir tersebut dipilih yang awet dan tidak mudah rusak. Jika tidak mudah rusak dan tahan lama kemungkinan souvenir tersebut bisa disimpan, dan merupakan suatu kebahagiaan jika souvenir yang diberikan akan terus disimpan dengan baik.

Gaun Pengantin Di Era Modern

Pernikahan merupakan proses ritual yang sangat sakral dan privasi, oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang untuk menyukseskannya. Salah satunya dalam memilih baju pengantin. Busana pernikahan baik untuk akad nikah atau resepsi perlu dipersiapkan jauh sebelum hari h agar pada pelaksanaan dapat tampil sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa tips yang dapat diikuti dari beberapa sumber berkaitan dengan pemilihan busana / baju Pernikahan.

Sebelum menentukan pilihan busana Pengantin sebaiknya

Konsultasikan dengan keluarga sebelum memilih busana yang tepat pada saat akad dan pesta Pernikahan anda (misalnya model kebaya, apakah itu mengenakan kebaya tradisional atau kebaya modern.

Pilih baju Pengantin adat atau gaya yang sesuai.
Jika akan membeli pastikan model koleksi baju Pengantin, warna dan ukuran sesuai dengan kedua pasangan.

Jika mau membuat sendiri, lakukan pemesanan busana jauh-jauh hari sebelum acara anda berlangsung.

Pastikan fitting baju beberapa saat sebelum baju anda gunakan untuk menghindari perubahan bentuk tubuh atau kesalahan pengukuran badan.

Jika dana terbatas, anda bisa menyewa pakaian pernikahan ketimbang membeli yang baru karena pakaian Pengantin adat biasanya hanya akan digunakan sekali dan tidak bisa digunakan sehari-hari.

Konsultasi dengan wedding organizer atau orang yang mempunyai kompetensi di bidang tersebut.

Pilih koleksi baju Pengantin yang memiliki warna yang membuat anda dan pasangan anda tampak berwibawa. Tentunya disesuaikan dengan rias pengantin anda.

Tata Cara Pernikahan dalam Islam

1. Khitbah (Peminangan)
Seorang muslim yang akan menikahi seorang muslimah, hendaklah ia meminang terlebih dahulu, karena dimungkinkan ia sedang dipinang oleh oarng lain. Dalam hal ini Islam melarang seorang muslim meminang wanita yang sedang dipinang oleh orang lain.

2. Aqad Nikah
Dalam aqad nikah ada beberapa syarat, rukun dan kewajiban yang harus dipenuhi:
Adanya suka sama suka dari kedua calon mempelai.
Adanya ijab qabul.
Adanya mahar.
Adanya wali
Adanya saksi-saksi.

3. Walimah
Walimatul ‘urusy (pesta pernikahan) hukumnya wajib dan diusahakan sesederhana mungkin dan dalam walimah hendaklah diundang pula orang-orang miskin. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:
“Selenggarakanlah walimah meskipun hanya dengan menyembelih seekor kambing.” (HR.Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa-i, Ad Darimi, Ahmad, dari sahabat Anas bin Malik)

SEBAGIAN PELANGGARAN YANG TERJADI DALAM PERNIKAHAN YANG WAJIB DIHINDARKAN (DIHILANGKAN)
1. Pacaran.
2. Tukar cincin.
3. Menuntut mahar yg tinggi.
4. Mengikuti upacara adat.
5. Mencukur jenggot bagi laki-laki dan mencukur alis mata bagi wanita.
6. Kepercayaan terhadap hari baik dan sial dalam menentukan waktu pernikahan
7. Mengucapkan ucapan selamat ala kaum jahiliyah.
8. Adanya ikhtilath (bercampur-baurnya antara laki-laki dan perempuan).
9. Musik, nyanyi dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

Marilah kita berupaya untuk melaksanakan pernikahan dan membina rumah tangga dengan cara yang Islami, serta berusaha meninggalkan aturan, tata-cara, upacara dan adat istiadat yang bertentangan dengan Islam. Jangan meniru cara-cara orang-orang kafir dan orang-orang yang banyak berbuat dosa dan maksiat.

Persiapan Sebelum Menikah

Mungkin sangatlah tepat jika dikatakan bahwa pernikahan merupakan moment yang sangat istimewa. Karena pernikahan simbol dari bersatunya cinta sejati antara kaum adam dan hawa. Oleh karenanya perlu persiapan yang sangat matang dan tepat dalam mempersiapkan hari pernikahan yang akan diselengarakan. Ada beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan masukan positif.

1. Perisiapkan waktu dan tanggal pernikahan
Tak ada waktu dan tanggal yang bisa dikatakan buruk. Dalam hal ini mempersiapkan waktu atau tanggal pernikahan dimaksudkan untuk mencegah adanya bentrok dengan moment lain seperti kerabat atau saudara ada yangmenikahan, benturan dengan acara formal keluarga, ataupun menghindari urusan pekerjaan.

2. Persiapan dan prediksi pengeluaran
Hal ini juga penting, mengingat pesta pernikahan akan memakan biaya. Tentunya besar atau kecilnya biaya atau pengeluaran tergantung dari penyelenggaraan pesta itu sendiri. Banyak majalah,iklan, web ataupun blog tatarias pengantin (seperti www.riaspengantinluwes.blogspot.com) yang menyediakan paket pernikahan dan hal-hal yang terkait dengan harga yang variatif. Dari situ bisa di kalkulasikan pengeluaran yang akan dikeluarkan.

3. Cari info penyewaan gedung
Jika pesta pernikahan akan dilakukan di gedung, segera cari informasi penyewaan gedung yang sesuai dengan kebutuhan dan jika dirasa telah tepat dan cocok segera booking agar tidak padat. Namun biasanya ada juga rias pengantinyang menyediakan paket gedung.

4. Buat daftar undangan
Membuat daftar undangan memang tidak terlalu sulit, kita tinggal mengingat-ingat nama-nama rekan, saudara, tetangga, dan kerabat kita dan mencantumkannya didalam daftar undangan. Namun karena banyaknya orang yang kita kenal, bisa saja satu atau dua nama terlewatkan. Buatlah daftar undangan jauh-jauh hari sebelum hari “H” hal ini menghindari hal-hal seperti diatas. Sedikit tips untuk masalah ini yakni, bisa saja koordinasi dengan ketua RT dan RW setempat untuk meminjam dan mengetahui daftar warga dan koordinasi dengan HRD perusahaan tempat bekerja untuk mengetahui informasi nama-nama bahkan titel pendidikan.

5. Menghubungi pihak-pihak terkait
Hubungi pihak-pihak yang berkenaan dengan akad atau upacara pernikahan dan pencatatan administrasi pernikahan. Bisa juga menghubungi pemuka agama untuk urusan akad atau upacara pernikahan dan menghubungi RT, RW, dan kelurahan untuk keperluan administrasi.

Perawatan Untuk wanita sebelum menikah

Setiap pasangan yang saling mencintai dan mengasihi dengan tulus psati sangat memimpikan suatu peristiwa besar. Suatu peristiwa yang sangat dinanti-nantikan yakni pernikahan. Agar pernikahan yang diimpikan berjalan sesuai dengan rencana, maka dibutuhkan persiapan yang matang. Tak lepas dari persiapan-persiapan tersebut, untuk wanita ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan sebelum hari pernikahan tiba. Perawatan ini dilakukan agar saat peristiwa penting itu datang, mempelai wanita akan tampil dan terlihat lebih cantik dan menawan.

Berikut ada beberapa perawatan yang dapat dilakukn oleh wanita sebelum hari
pernikahan :

1. Perawatan Wajah / Facial
Hal yang dapat dilakukan dalam perawatan wajah adalah maskering atau menggunakan masker kecantikan yang berguna untuk mengangkat kotoran yang menyumpat pori-pori dan sel-sel kulit mati serta noda-noda flek wajah. Untuk mengencangkan wajah, pijat wajah dapat dilakukan yang berguna mengencangkan kulit wajah dan melancarkan peredaran darah pada wajah.

2. Perawatan Rambut
Keindahan rambut juga dapat memberikan nilai plus-plus pada penampilan. Untuk perawatan rambut, creambath adalah alternatif yang banyak dipilih, jika dianggap perlu gunakan suplemen rambut yang cocok dengan jenis rambut.

3. Perawatan Tubuh
Pijat tubuh bisa dilakukan untuk perawatan tubuh. Berguna untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh dan tubuh segar. Selain pijat tubuh, luluran juga bisa dilakukan yang berguna untuk mengencangkan kulit dan mengangkat kotoran-kotoran serta menyehatkan kulit.

4. Perawatan pola makan
Mengatur pola makan memang tidak terlalu besar pengaruhnya untuk kecantikan, namun ada baiknya jika pola makan dapat diatur dengan baik, agar di hari pernikahan tidak terlihat gemuk atau pun kurus.

Paket Pernikahan Itu Simple, Praktis, dan Hemat

Paket Pernikahan
Banyak yang bertanya kepada Rias Pengantin mengenai paket pernikahan, dan banyak pula yang bertanya mengenai harga sewa peralatan pernikahan per item. Namun tak sedikit pula yang bertanya kepada kami mengenai perbandingan antara memilih paket pernikahan dan menyewa alat-alat pesta pernikahan per item. Hal ini merupakan ide bagi Rias Pengantin untuk sekedar share kepada calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan.

Pada dasarnya, paket pernikahan di susun dan di tawarkan oleh Weedding Organizer kepada calon pengantin adalah sebagai suatu "pengepakan" dimana didalamnya sudah terdapat item-item yang diperlukan saat pesta pernikahan berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para calon pengantin untuk tidak repot menyiapkan item-item yang diperlukan. Karena memang kebanyakan para calon pengantin belum banyak mengetahui apa saja yang memang penting dan diperlukan. Oleh karenanya paket pernikahan merupakan suatu cara agar para calon pengantin tidak merasa bingung dalam menyiapkan pesta pernikahan.

Dibandingkan jika kita menyewa peralatan pernikahan, maka sudah pasti paket pernikahan lebih praktis dan bisa jadi lebih hemat. Kenapa lebih praktis? Karena segala kebutuhan sudah tersedia didalamnya dan sebuah Wedding Organizer pasti sudah merancang dengan baik peralatan pesta yang dikemas didalam paket - paket pernikahan sesuai porsi paket tersebut. Dan bagi para calon pengantin tidak akan dipusingkan mengenai peralatan-peralatan pernikahan yang mungkin kurang dan lain sebagainya. Dan kenapa dibilang bisa lebih hemat? Karena dalam hal menyewa peralatan - Peralatan pesta pernikahan cenderung lebih mahal ketimbang kita memilih paket pernikahan untuk pesta pernikahan. Contoh kecilnya adalah semisal kita menyewa Gebyok atau Pelaminan lainnya, maka yang disewa adalah hanya Gebyok dan Pelaminannya saja belum termasuk bunga.

Meskipun paket pernikahan adalah hal yang "mempermudah" dalam menyelenggarakan pesta pernikahan dan tidak perlu memikirkan alat-alat yang dibutuhkan, ada baiknya jika bertanya kepada Wedding Organizer mengenai paket yang dipilih agar lebih jelas dan detail. Dengan kita bertanya apa yang tidak dimengerti baik yang berhubungan dengan paket pernikahan maupun tidak, maka kita akan lebih mengerti dan merasa mantap.

Kebudayaan Indonesia

Bukan Indonesia namanya jika didalamnya tidak terdapat beragam kebudayaan. Kebudayaan yang beragam mulai dari tata rias adat dan budaya, kuliner, hingga busana dan pakaian. Semua adalah milik Bangsa Indonesia dan sebagai warga negaranya, wajib untuk menjaga dan melestarikan budaya tersebut.
Sebut saja Batik yang saat ini telah memiliki lisensi kepemilikan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Ada juga Ulos yang anggun serta bermacam-macam ragam lainnya.

Untuk Rias pengantin pun Indonesia memiliki beragam kebudayaan. Masing-masing adat memiliki khas sendiri dalam melaksanakan upacara pernikahan. adat Jawa berbeda dengan adat Sumatra begitupun adat lainnya yang memiliki karakter dan keunikan masing-masing yang menambah warna-warni budaya Indonesia.

Untuk urusan kuliner, Budaya Indonesia sangat-sangat kaya dengan makanannya, sebut saja pempek dari palembang, Gudeg dari Jogja, dan Soto dari berbagai daerah yang masing-masing memiliki citarasa Nusantara yang berbeda-beda namun tetap memiliki kualitas yang prima.

Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi penerus untuk memelihara, melestarikan,dan terus menjaga kebudayaan dan mengenalkan kepada anak cucu kita kelak. Dan kemajemukan Budaya merupakan ciri khas tersebdiri bagi Indonesia dengan tetap mempertahankan kesatuan. Karena bukan berarti kita berasal dari satu suku adat, kita hanya mengenal danmenjaga adat itu saja, namun semua adat budaya yang ada adalah milik kita.

Pelaminan Pernikahan


Pelaminan Merupakan Hal yang cukup penting kehadirannya dalam pesta pernikahan. Karena disanalah kedua mempelai pengantin juga orang tua menyambut dan menyalami para tamu dan undangan. Pelaminan juga bisa dikatakan sebagai salah satu inti dari dekorasi yang akan diperhatikan oleh tamu undangan. Merek akan terpesona dengan keanggunan pelaminan jika pelaminan tersebut memiliki dekorasi yang bagus.

Umumnya, pelaminan akan disesuaikan dengan konsep penikahan. Jika konsep adat, maka pelaminan yang digunakan adalah adat yang digunakan, semisal adat Jawa, Padang, dan sebagainya. Meskipun telah demikian klop dengan konsep tadi, adalah hal yang baik jika sesuatu yang indah bisa dijadikan lebih menawan. Umumnya dekorasi pelaminan dilengkapi dengan bunga-bunga hias hidup yang segar. Namun apakah dengan bunga saja sudah terlihat baik?. Memang terlihat cukup memiliki nilai plus, namun ada hal yang bisa di sisipkan agar menambah anggunnya pelaminan. Contohnya seperti air mancur / air terjun buatan, taman kecil disekitar pelaminan, lampu hias dan pemberian efek cahaya yang baik dapat memeprcantik pelaminan.

Pengaturan letak pelaminan juga hal yang perlu diperhatikan. Hal ini berguna agar ruangan yang digunkan telihat lega terutama untuk ruangan-ruangan yang kecil. Karena sebagus apapun pelaminan yang dihias, jika jarak pandangnya tidak cukup baik dan sempit, maka akan terkesan biasa saja. Hal ini juga akan berpengaruh pada hasil photo yang diambil. Untuk ruangan yang kecil pelaminan minimalis juga pilihan yang lumayan untuk menyiasati keterbatasan ruang.

Hal yang tak kalah pentingnya lagi adalah kenyamanan diri dengan pelaminan itu sendiri. Memang terkesan sepele, karena jika pelaminan yang telah didekorasi sedemikian bagus sudah pasti orang yang berada disana merasa nyaman. Namun untuk mengantisipasi ketidaknyamanan tadi, ada baiknya melakukan sedikit penyesuaian. Seperti halnya jarak bangku pengantin dengan pelaminan, apabila menggunakan efek air mancur / air terjun buatan pastikan tidak tampias terlebih ke arah tempat bersanding. Hal ini agar menghindari kesan merasa cemas akan satu hal yang dapat mengurangi nilai good-look. Jika bunga-bunga yang memiliki wangi sedikit menyengat (Seperti melati) dapat menggangu gantilah dengan bunga yang lainnya. Terkadang ada juga orang yang kurang menyukai harum bunga yang terlalu menyengat.. Intinya hidari hal-hal apapun yang membuat kenyamanan berkurang, karena pelaminan merupakan hiasan pengantin bukan sebaliknya.

Gallery Dekorasi Pernikahan











Memilih cincin pernikahan

Bertualang mencari cincin pertunangan perlu sedikit pengetahuan sebelum mengawalinya. Berbagai cincin dalam variasi model dan bahan tersedia sebagai pilihan untuk dikenakan.

Emas dan Platina
Nilai cincin emas dipengaruhi desain, berat, dan karatnya. Karat (K) yaitu kadar emas dalam campuran dimana bentuk murninya bernilai 24K. Emas murni kurang cocok dibuat cincin kawin karena bersifat logam lunak dan mudah berubah bentuk akibat pemakaian sehari-hari. Untuk meningkatkan kekuatannya, emas dicampur dengan logam lainnya seperti nikel, zinc, dan tembaga. Emas 18 K atau berkadar emas 75 persen umum dijadikan pilihan.

Alternatif selain emas adalah platina (platinum) yang berwarna kemilau putih keperakan dan bergaya klasik. Seperti halnya emas, nilai cincin platina ditentukan oleh kadar dalam campurannya dengan logam lain yaitu iridium atau ruthenium. Satuan kadar platina 900 plat/PT berarti campuran tersebut terdiri atas 90 persen platina dan 10 persen iridium.

Memilih antara emas atau platina tergantung dari warna kulit, kebiasaan dan selera calon pengantin. Bahkan aspek kesehatan menyangkut alegisitas terhadap kulit patut dipertimbangkan.

Langkah memilih cincin pertunangan

1. Tentukan Anggaran Yang DigunakanHarga cincin umumnya ditentukan oleh berat dan kadar bahan yang digunakan. Bilamana anggaran tidak cukup besar, siasati dengan memilih kadar yang rendah tetapi tetap mempertimbangkan kualitas dan rancangan. Emas berkadar 14 K adalah salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Cara lain untuk menekan anggaran adalah menghindari pembelian cincin emas saat ramai permintaan, misalnya menjelang hari raya.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin
Untuk membuat cincin kawin bertahan dikenakan sepanjang jaman maka harus diperhatikan rancangan nilai, kualitas buatan, dan kenyamanan dalam pemakaian.

Kenyamanan adalah faktor yang cukup berperan dengan memperhatikan kesesuaian ukuran cincin dan jari. Hindari memilih cincin saat temperatur udara terlalu panas/dingin atau setelah melakukan aktivitas fisik berat. 

Sebagai langkah antisipasi, cincin kawin tanpa tambahan batu hiasan adalah alternatif model yang lebih bersifat fleksibel jika akan dilakukan perubahan ukuran atau desain.

Memilih gaun pengantin

Mencari gaun pengantin untuk pesta pernikahan Anda merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa datang langsung ke showroom Bridal untuk mencobagaun pengantin yang indah, bahkan Anda juga akan dimanjakan serta ditunggui konsultan pribadi Anda. Bridal biasanya menawarkan berbagai model gaun pengantin dalam satu ukuran. Dengan membatasi jumlah gaun tersebut hanya dalam satu ukuran setipa modelnya memudahkan calon pengantin. Setelah memilih beberapa model, Anda akan diajak menuju ke sebuah ruangan pribadi, dan seorang penjahit akan menyesuaikan gaun yang Anda coba sesuai dengan ukuran tubuh Anda.Biasanya sebagian besar bridal akan menyarankan calon pengantin wanita untuk membawa pendamping tidak lebih dari satu atau dua orang ketika akan memilih gaun.

Karena semakin banyak pendamping yang menemani akan muncul berbagai macam pendapat untuk dipertimbangkan sehingga mempersulit calon pengnatin wanita untuk mengambil keputusan. Karena gaun pengantin Anda memerlukan pesanan khusus baik desain maupun ukurannya. Untuk pemesanan biasanya dibutuhkan waktu sekitar delapan sampai dua belas bulan sebelum hari H, minimal empat sampai 5 bulan sebelumnya. Demikian halnya dengan gaun pengiring pengantin yang harus dipesan minimal 8 minggu sebelumnya.

Memilih kue pengantin untuk pernikahan

Salah satu menu yang tak terlupakan dalam pesta perkawinan adalah kue pengantin. Saat ini kreasi kue pengantin begitu bervariasi dalam hal model, cita rasa dan ukuran. Pilihan tepat dalam memilih kue pengantin akan memberikan nuansa khusus untuk pesta perkawinan yang diselenggarakan.

Upacara Pemotongan Kue
Salah satu tradisi yang masih berlaku hingga sekarang dalam sebuah upacara perkawinan adalah upacara pemotongan kue pengantin. Pemotongan kue melambangkan keputusan bersama yang pertama kali diambil pasangan pengantin di awal pernikahan/perkawinan mereka.

Upacara dilanjutkan dengan saling menyuapkan potongan pertama kue tersebut sebagai perlambang komitmen kepercayaan dan kepedulian terhadap pasangan satu sama lain.

Menentukan kue yang sesuai untuk sebuah pesta perkawinan, selain factor tradisi, mempertimbangkan pula cita rasa, ukuran kue dan unsure keindahan serta kesesuaian rancangan (estetika) dengan gaya pesta perkawinan yang diselenggarakan.

Indahnya Rancangan, Manisnya Cita Rasa Rancangan kue pengantin dengan tampilan indah akan semakin sempurna bila dipenuhi dengan cita rasa lezat. Rancangan kue pengantin tersedia dalam model sederhana hingga tema tertentu. Kerumitan rancangan, teknik pembuatan dan ukuaran akan mempengaruhi
harga sebuah kue pengantin. Cita rasa khusus dapat pula mempengaruhi harga pembuatannya.
Sebelum menentukan pilihan kue pengantin yang sesuai dengan gaya pesta perkawinan, beberapa hal perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan anggaran yang disediakan.

Sesuaikan ukuran kue pengantin dengan kebutuhanKue pengantin dapat berfungsi sebagai salah satu pilihan menu penutup dari rangkaian sajian dalam sebuah pesta perkawinan. Untuk itu perhitungkan jumlah tamu undangan yang perlu disuguhi, jenis dan jumlah sajian menu utama.
Sederhanakan rancangan kue pengantin 

Lokasi resepsi turut mempengaruhi pilihan model rancangan kue pengantin. Sesuaikan kue pengantin dengan spesifikasi ruangan pesta, diantaranya dekorasi, tinggi, temperatur, tata cahaya, serta warna ruangan secara keseluruhan. Diperlukan koordinasi antara pembuat kue dengan jasa katering, dekorasi, penata bunga, pengelola ruangan dalam merencanakan kreasi kue pengantin serta pengantarannya.

Teknik penggunaan Styrofoam dengan kreasi khusus dapat dipilih dalam menekan biaya perancangan. Pemilihan aksesoris kue pengantin dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bunga liar yang tumbuh bebas, adalah alternatif memperindah rancangan kue pengantin.

Lakukan pemesanan lebih awal Harga bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sebuah kue pengantin peka terhadap perubahan harga. Lakukan pemesanan lebih awal untuk menghindari kenaikan harga yang mempengaruhi kenaikan harga kue secara keseluruhan.

Pemilihan rancangan kue dengan tema khusus memerlukan pemesanan lebih awal, sekitar tiga hingga empat bulan sebelum hari H. pemesanan pada pembuat kue yang popular atau memilih hari perkawinan pada “musim kawin”, juga memerlukan waktu pemesanan lebih awal.

Layaknya gaun pengantin, kue pengantin memiliki makna khusus dalam sebuah acara pesta perkawinan. Saat pisau dalam genggaman berdua mulai mengiris perlahan, sensai emosi kebahagiaan memenuhi perasaan kedua mempelai, keluarga, kerabat dan undangan. Upacara pemotongan kue pengantin mengawali babak kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga.

Memilih para undangan untuk hadir pada pesta pernikahan

Undangan yang akan disebarkan dan jumlah tamu yang akan hadir di resepsi pernikahan tentulah sudah dihitung oleh calon pengantin. Tetapi kadang-kadang timbul kesulitan bila jumlah undangan melebihi kapasitas ruangan ataupun melebihi anggaran yang telah disiapkan. Timbul dilema mana yang mesti diundang dan mana yang tidak perlu. Dan bagaimana agar hal tersebut tidak menimbulkan rasa kecewa bagi orang yang tidak Anda undang ?

Berikut adalah tips dalam membuat daftar undangan :
• Keluarga merupakan prioritas utama
• Teman-teman yang sangat dekat dan membantu dalam penyelenggaraan resepsi
• Pimpinan tempat anda & pasangan bekerja
• Rekan-rekan satu divisi. Bila jumlah undangan telah melebihi target, anda dapat menjelaskan pada teman di kantor, hal yang sebenarnya dengan mengatakan undangan keluarga dan orang tua sudah banyak sehingga minta maaf karena tidak dapat mengundang mereka.
• Bila anda bekerja janganlah mengundang orang-orang tertentu saja dari masing-masing bagian, akan lebih baik tidak mengundang.
• Bila anda merasa tidak enak juga, dapatlah anda mengundang rekan-rekan sekantor semuanya di hari yang lain sebelum atau sesudah hari pernikahan atau bila anggaran dana tidak memungkinkan, anda dapat membagikan nasi kotak sebagai ucapan syukur karena anda telah menikah, tentulah biaya yang dikeluarkan lebih ringan.

TIPS Agar pesta pernikahan menjadi sukses

1. Menentukan waktu
Menentukan kapan saatnya pesta diselenggarakan merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Ini menyangkut persiapan dan rencana kerja yang harus Anda susun. Banyak pertimbangan yang harus Anda perhitungkan dalam menentukan waktu penyelenggaraan.
*. Pesta sunatan: dihubungkan dengan liburan sekolah.
*. Pesta pernikahan: pada beberapa suku, ada perhitungan hari, agar didapat hari baik dan bulan baik. Namun harus diselaraskan dengan tempat resepsi.
*. Pesta ulang tahun: untuk pesta ulang tahun anak sebaiknya diadakan sore hari. Sedangkan untuk hari Minggu/libur dapat dimulai pada pukul 10.00 pagi. Untuk ultah orang dewasa waktu bisa disesuaikan, namun bila di rumah ada anak kecil, Anda harus memperhitungkan tempat aman untuk si kecil.

2. Menentukan tempat
Di mana Anda akan berpesta ? Pesta dimanapun memiliki kelebihan dan kekurangan. Dirumah, selain bisa menghemat biaya, pesta yang diselenggarakan bisa terjalin lebih akrab. Ruginya, waktu pesta yang panjang, bisa membuat Anda lebih repot. Namun kalau diadakan di hotel, gedung ataupun kafe, meski praktis, Anda harus memiliki dana ekstra. Bila Anda ingin mengadakan di kebun, perhatikan resiko cuaca.

3. Menentukan jumlah
Untuk menentukan siapa yang diadakan harus dilakukan skala prioritas. Ini menyangkut besarnya dana yang dikeluarkan. Prioritas pertama, tentu saja keluarga tapi tentunya tidak seluruh dilibatkan. Kedua, teman yang meliputi, tetangga, teman kantor, dan relasi yang tentunya membutuhkan pembatasan. Khusus untuk pesta HUT anak, perhatikan pula teman si anak sendiri, Anda harus memperhitungkan orang tua, bahkan pengasuh.

4. Menyusun hidangan
Susunlah hidangan secara matang. Menu pesta terdiri dari kue, makanan utama, dan makanan penutup. Untuk minum pilihlah minuman panas dan dingin. Kalau pesta Anda waktunya panjang, pesta tutup tahun misalnya, perhitungkan adanya penambahan makanan dan minuman.

5. Membuat undangan, cinderamata, hiasan dan hiburan pesta
Bila undangan terbatas, dengan berbagai kreatifitas, Anda bisa membuat sendiri undangannya dengan memandukan berbagai macam warna, aneka jenis kertas. Khusus pada ultah anak, gunakan berabagai macam ragam yang banyak dan menarik. Selain itu, isi dengan hiburan musik dan permainan, badut dan pendongeng bisa menjadi alternatif yang menarik.

6. Menyusun rencana kerja
Buat daftar tamu 2-3 minggu sebelum acara, kirimkan undangan 10 hari sebelum acara dan jawaban atas kesediaan untuk hadir bisa Anda minta terutama untuk jamuan pesta yang bersifat terbatas dan resmi semacam sitting dinner. Bentuklah kepanitiaan dan bautlah jadwal kerja, sehingga persiapan acara bisa dirancang lebih matang. Bila Anda membutuhkan jasa catering atau pun event organizer, hubungi paling tidak tiga minggu sebelum acara. Bila tidak, tulis saja apa yang Anda perlukan, dan buatlah daftar belanja.